Listrik dan Free Electricity Day

Seumur hidup tinggal di Indonesia, saya selalu mikirnya listrik itu hanya identik dengan PLN. Dimiliki, dikelola, dan hanya PLN yang bisa menyediakan. Nah, kalo di New Zealand ada banyak sekali provider listrik, dan mereka sangat bersaing. Iklannya pun kurang lebih mirip iklan provider jaringan telekomunikasi di Indonesia. Jadi ada Sign-up deal, harga paketan, dan juga promo. Terus, kalo kita pindah rumah, langganan listrik kita dari rumah yang sebelumnya masih bisa dilanjutkan di rumah baru, walaupun penghuni rumah sebelumnya menggunakan provider yang berbeda. Bisa dibilang tinggal plug and play.  Daaan, kalo kita bayar sebelum tenggat waktunya, kita bisa dapet potongan 10%.

Mercury, yaitu Provider yang kita pake, sudah kedua kalinya dalam tahun ini menawarkan layanan satu harian gratis listrik. Kita boleh pilih harinya, dan tidak ada batasan atau embel-embel lainnya, free, free, free.

Saya lupa rata-rata pengeluaran listrik satu rumah di Indonesia. Tapi dari tagihan tiap bulan rumah kami, biasanya sekitar $7 per hari (di musim panas), dan $16 per hari (di musim dingin). Rekor tagihan listrik terbesar kami pernah mencapai $400 sebulan. Tapi waktu itu kebetulan memang ada tambahan 2 orang yang menginap, plus sedang musim dingin.

Dulu saya heran kenapa bayar listrik disni bisa mahal banget banget, padahal saya ini itungannya orang yang super duper hemat listrik. Malam hari waktu kita tidur, sebagaimana rumah-rumah lainnya disini, selalu gelap gulita, tidak ada lampu yang dinyalakan, termasuk lampu depan rumah (Kalo dulu di Indonesia, rumah kosong juga mesti nyalain lampu, biar ga dimalingin) hehehe… Ternyata saya baru nyadar kalo appliances, alias peralatan rumah tangga disini itu wattnya sangat besar. Yang saya heran juga orang-orang pada pake lampu dengan watt besar. Waktu saya baru pindah rumah, di ruang tamu aja ada 8 lampu, masing-masing 75 watt (hadeehh…). Tapi memang air panas dan juga pemanas ruangan waktu winter turut berkontribusi lumayan banyak dalam tagihan.

Enaknyaaa,, si provider listrik ini biasa kasih weekly report penggunaan listrik kita juga

Kita bisa liat tingginya penggunaan listrik per-jam, harian, dan perbandingannya dengan minggu sebelumnya

 Buat pembaca warga NZ bisa liat biaya penggunaan alat rumah tangga (typically) disini

Nah, kembali ke free electricity day hari Minggu kemaren.. kita udah planning untuk stay di rumah dan mencuci, men-dryer, mencuci, men-dryer,mencuci, men-dryer sebanyak 8 loads yang sudah sengaja kita tumpuk ga cuci dari minggu sebelumnya. Sambil menunggu mesin cuci mengerjakan cuciannya, saya pun membuat kue, membuat kue, membuat kue, dan membuat kue (saya ulang 4x karena 4 resep). Sambil menjalani itu semua, kita nyalakan heater, heater, dan heater (3x karena di tiga ruangan). Sisanya saya manggang ayam, menghangatkan wardrobe (maintenance untuk menghindari jamur dari udara lembab), and laaastt but not leaast, I had a lovely and very relaxing bath.

3e7d191ab82e6e527a1c1551ffcbef12
Mood at the end of the day

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s