Resep Biskuit Afghan

Waktu awal tinggal di New Zealand, yang pertama muncul di pikiran saya ketika orang bilang “di cafe itu ada afghan”, langsung muncul sosok ini di kepala saya

“Cintaaku bukanlah ciinta biiasa”

Tapi ternyaya Afghan yang dimaksud adalah Afghan berupa biskuit sodara-sodara.

OI000015.jpg
My favorite chocolaty and crunchy afghans bisuits

Rasanya seperti apa?

Buat orang yang ga suka kue dan basically segala sesuatu yang manis, saya cuma mau makan Brownies atau Afghan ini. Karena rasanya cenderung pahit cokelat dibanding rasa gula.

Kalo kamu ke cafe maupun supermarket manapun di New Zealand, hampir bisa dipastikan mereka sedia Afghan. Bahkan ada waffle dan eskrim rasa afghan. Yumm!

Kalo masih ada yang penasaran dengan rasanya, kenapa ngga coba buat. So far, for me this is the least messy baking ever. tinggal campur semua bahan dan aduk. Ada banyak resep afghan di internet dengan bahan yang berbeda (ada yang pake vanilli, kelapa parut untuk topping,  dll). Dibawah saya share resep afghan versi yang cocok dengan lidah saya.

Oiya, yang paling menentukan dari rasa afghan ini menurut saya adalah kualitas  juga rasa cocoa yang sesuai dengan lidah anda. Jadi kalo suka pahit pilih yang dark. Sedangkan untuk level of crunchinessnya bisa menggunakan cornflakes cereal atau weet-bix untuk tekstur yang lebih lembut (tidak terlalu kriuk-kriuk)

 

Resep Afghans:

Untuk 15 biskuit

Waktu persiapan 15 menit

Waktu pembuatan 15 menit

Bahan-bahan

200 g butter yang sudah dihaluskan
½ cup raw sugar
1 1/2 cups tepung terigu
¼ cup cocoa (saya pakai merk cadbury)
2 cups cornflakes (saya pakai weet-bix)

Icing cokelat
1/4 cup choco chip ,1 SDM minyak dan kacang walnut

Cara Membuat

  1. Panaskan oven 150C. oleskan loyang dengan margarin atau gampangnya lapisi dengan baking paper
  2. Campurkan butter dan gula lalu kocok hingga lembut dan creamy. Ayak tepung dan cocoa bersamaan, tambahkan kedalam campuran butter hingga rata.
  3. Hancurkan cornflake/weetbix dengan tangan, masukan kedalam adonan, aduk hingga rata.
  4. Ambil satu sendok penuh adonan dan buat menjadi bola-bola. Simpan bola di atas loyang dan tekan secara perlahan menggunakan garpu.
  5. Panggang selama 10 menit atau hingga masak. Keluarkan dari oven dan biarkan hingga sejuk untuk kemudian diberi icing.
  6. Membuat icing: campurkan choco chips dengan minyak, panaskan (lebih mudah dengan microwave) selama 1 menit, aduk kemudian oles diatas biskuit yang sudah sejuk. Beri topping walnut!

 

Catatan:

  • Ukuran standar Afghan biasanya besar, kurang lebih diameter 10cm. Kalo buat saya terlalu mahteh, jadi saya biasa membuat ukuran sedang.
  • Adonan tidak mengembang dalam panggangan, jadi tidak perlu memberi jarak yang jauh-jauh di loyang.
  • Campuran adonan memang kering
Leave a Reply

