Studi Kasus – Makannya baby A

Biar lengkips bahasan soal makanan, sambungan postingan beberapa hari yang lalu, yaitu:

Berpikir ulang tentang makanan

Yang saya tahu tentang picky eaters

Saya mau cerita sedikit tentang kebiasaan makannya A. Untuk orang-orang yang pernah liat A makan, mungkin akan berpikir “Iya laaah.. dia sih anaknya makannya emang banyak”, hmm.. jawabannya ya dan tidak . Ya, kalo lagi napsu makan, tapi lumayan sering juga kok doi skip meal sama sekali.

Biar ringkess, saya kasih glimpse of A’s eating habits pake pointers dibawah ya:

  • Dulu kita pertama mulai makan kombinasi BLW dan puree.
  • A selalu makan di highchair
  • Aturan makannya adalah: makan yang sudah disediakan, jumlah sedikit dulu (takut mubazir) boleh tambah, tapi kalo gak habis biasa saya simpan kulkas untuk waktu makan berikutnya.
  • Kalo dia nolak makanan sama sekali, yang bahkan masuk mulut pun engga, dan saya yakin penciuman dia tajem banget, gara-gara kadang dilirik aja ngga, tapi dia tau itu makanan yang sebelum-sebelumnya pernah dia tolak. Nah kalo gitu saya coba puree, tinggal blender campur air dikit kan. biasa dia berubah pikiran. Kalo masih gak mau saya kasih parutan keju biar sedikit lebih tasty. But that’s it. Kalo masih nolak saya pindahin tempat makan, masukkan kulkas. Done!
  • Waktu makan, seperti yang sudah dijelaskan di postingan sebelumnya, 5 kali. Sarapan, morning tea, lunch, afternoon tea, dan makan malem. Semuanya makanan yang cukup di prep, alias gak dimasak. Kecuali makan malem, yang mana biasanya berbahan daging, dengan porsi mantep.
  • Makan malem jam 5 sore.
  • Aku selalu nawarin minum setiap jam, selebihnya sippy cup disimpan di tempat yang terjangkau di area mainnya.
  • Contoh sarapan: Weetbix, sereal gandum (tanpa gula), potongan pisang, blueberries, strawberries, boysenberries, blackberries, madu, pake susu (setelah umur 1 tahun).
  • Contoh morning tea dan afternoon tea: Crackers sayur dengan dips, alias cocolan cream/keju/garlic dengan potongan buah.
  • Contoh makan siang, sandwich, roti gandum dengan grains pake selai kacang (asli, tanpa campuran bahan lain, tanpa gula) atau marmite atau selai buah atau pisang, biasa saya panggang, biar nempel dan gampang dipegang.
  • Contoh makan malem: pasta, lasagna , masakan daging-daging atau ikan dengan sayur.
  • Punya makanan favorit dan banyak juga makanan yang ditolak, tapi mamak pantang menyerah. 10 times rules, 10 kali nyoba dalam jangka waktu panjang. Hasilnya, dia sering berubah pikiran. Yang tadinya gak suka ternyata suka, tapi juga sebaliknya, kaya dulu suka alpuket, sekarang gak mau sama sekali.
  • Makan lebih banyak kalo makan bareng. Misal di meja makan ada saya dan suami.
  • Tidak ada distraction apa-apa di meja makan, hanya ada makanan. Bukan strict rules sih.. boleh aja kalo emang tiba-tiba kepingin mainin apaa gitu. Misal nyoba nyendok makanan dari piring saya, atau iseng mainin gelas, atau apapun. Saya cuma males lama-lama di meja makan aja, jadi maksudnya biar cepet selesai ;p
  • Beda bentuk makanan beda respon. Yes! Contohnya nih yaa.. Keju. Kalo potongan ukuran finger food doi gak mau, tapi kalo diparut mau. Kadang maunya dimakan sendiri aja, kadang justru gak mau dicemil, harus dicampur makanan lain. weird huh? so his appetite depends on the mood
  • Nafsu makannya dia kan tergantung mood, naaahh.. moodnya dia tergantung mood saya :)) hahahah. Percaya gak percaya, perasaan saya terhadap suatu makanan ngaruh sama nafsu makannya dia. At least that’s our case.
  • Lagi sakit dan tumbuh gigi mengurangi nafsu makan. Banget. Bisa sampe mogok nyusu juga
  • Kalo udah berhari-hari keliatannya memang kurang makan, biasa ganti orang yang nemenin makan, misal bapaknya yang nyuapin, dia mau tuh. Kalo masih gak mau juga, pindah tempat/suasana.
  • Kita gak strict soal makan di highchair, it’s not for the sake of having rules, lagi-lagi memudahkan saya aja. Karena rumah full carpet, jadi ribet juga kalo tumpah-tumpah saya mesti ngelap. Apalagi kalo harus ngejar-ngejar sambil dia main.
  • Banyak waktu dimana dia nolak makan, kaya gak laper aja gitu. tapi begitu ditawarin sendok atau biarin dia makan pake tangannya, malah bisa abis. Mungkin dia bosen, jadi sekalian main juga kali ya.

 

Woww.. banyak ya. Itu pun cuma yang inget diluar kepala aja. Tapi kurleb gambarannya begitu deh ya. Mudah-mudahan membantu ya buk ibuk, bapak-bapak. Segitu dulu, nanti kalo inget, saya update lagi listnya.

Makasih yang udah nyempetin baca, sampe ketemu di tulisan selanjutnya.

Leave a Reply

